Saturday, July 12, 2008

Apakah neraka telah berpenghuni?

Assalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh..

Sebuah cerita menarik lagi, yang selama ini tidak pernah terpikirkan oleh saya. Ada sebuah pertanyaan yang diajukan oleh seorang remaja, saat acara mabit di Masjid Al Hikmah Telkom Divre 3 Bandung...

waktu itu pengisi tausiyahnya merupakan salah seorang dosen di UIN, setelah selesai memberikan tausiyah, tibalah sesi tanya jawab, ada beberapa pertanyaan waktu itu, tapi dari beberapa pertanyaan tersebut ada yang menarik bagi saya. Kelihatan sederhana, tapi dalam.

Kira-kira begini dialognya :
Penanya : "Ustadz, saya mau nanya, sebenarnya uda lama ada unek-unek ni, tentang neraka dan surga, kita kan diajarin bahwa alur kehidupan mulai dari di dunia, terus mati, alam kubur, alam barzah, dst, baru nanti masuk neraka atau surga...
Nah, tapi di qur'an koq ada cerita bahwa nabi pernah melihat neraka, terus diceritain tentang penghuni neraka gitu? sebenarnya yang benar yang mana? kok tiba-tiba uda ada penghuninya? kiamat aja belum?"

begitu kira-kira pertanyaan yang diajukan si penanya? waktu itu saya merenung, kenapa saya tidak pernah terpikirkan pertanyaan seperti ini ya? apalagi mengerti jawabannya.

Dan beginilah jawaban ustadz tersebut :
"Untuk masalah itu, ada teori yang berkembang, dan masih terus dikembangkan, dari beberapa kitab tafsir, menjelaskan bahwa ternyata ada kehidupan lain, ada manusia-manusia lain, sebelum manusia seperti sekarang ini diciptakan oleh Allah SWT, singkatnya seperti itu, karena kalau secara rinci butuh lebih dari 1 semester untuk menjelaskannya.."

Pertanyaan tersebut sama seperti pertanyaan, "Kok nabi adam di turunkan ke bumi gara-gara membuat kesalahan? bukannya di surga kita bebas melakukan apa saja tanpa ada dosa lagi?"

Untuk pertanyaan tersebut, ternyata teorinya seperti ini:
Bahwa surga yang tempat nabi adam pertama diturunkan bukanlah surga tempat kita nanti dikembalikan, surga yang dimaksud adalah sebuah taman di atas bumi (atau di langit,klo ga salah).

Begitu kira-kira beberapa pertanyaan yang kelihatan sederhana, tapi sangat dalam, jauh dari pemikiran kita.

Wallahu'alam


0 comments:

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template