Saturday, June 14, 2008

Motivasi Tertinggi

Saat acara terakhir Himpunan Mahasiswa Informatika periode 2007/2008, di saat-saat terakhir acara, panitia mengadakan sharing yang intinya menceritakan pengalaman pahit, getir, senang, gembira, dsb selama satu tahun menjadi pengurus di HMIF. Saat itu yang pertama ngomong adalah bunga(bukan nama sebenarnya), yang menceritakan masalah kedewasaan, dan apa yang telah ia dapat selama di HMIF. Setelah bunga berbagi pengalaman, dengan sedikit ragu, aku coba beraniin diri bwt nunjuk jari jadi orang berikutnya yang sharing pengalaman.

Aku mulai dengan bagaimana keadaanku sebelumnya, agak minder, emosian, egois, gampang tersinggung, dsb, keadaan yang memang aku ingin rubah sejak lama. ku jelaskan bahwa HMIF sedikit banyak telah memberikan banyak sekali warna terang dalam hidupku, bagaimana aku belajar untuk DEWASA, MENGERTI DAN MEMAHAMI ORANG LAIN, MENGALAH, SABAR, dll. ku sempat berterima kasih kepada beberapa orang yang sempat terucap namanya antara lain kk aslan(bukan nama sebenarnya) sebagai koordinatorku, john (bukan nama sebenarnya) sebagai teman himpunan, dan satu orang lagi kalo ga salah yang ku lupa siapa. Saat ku menyinggung nama john, aku sedikit ingin mengeluarkan air mata, terharu. ku katakan bahwa aku berterima kasih pada john yang telah sedikit banyak membuat aku berubah lebih baik, lebih dekat ke Agama, aku benar-benar TERMOTIVASI, TERINSPIRASI, dan IRI sama john, atas keteguhannya menjalankan syariat, ibadah, dll. Tidak lama setelah itu, aku mulai menitikkan air mata, teringat akan karunia yang telah Allah berikan untukku.


saat acar salam-salaman, aku sempat bersalaman dengan seorang teman, saat itu dia mengatakan kepadaku "SESUNGGUHNYA MOTIVASI TERTINGGI ADALAH ALLAH SWT". Waktu itu aku seperti tersentak, seperti tertampar, teringat akan kata2ku sebelumnya saat mengatakan termotivasi sama fachri, aku sadar, waktu itu, mungkin aku lupa, bahwa tidak seharusnya aku termotivasi hanya karena MANUSIA, hanya karena MAKHLUK, seharusnya aku termotivasi karena DIA, yang MAHA PENCIPTA.

PELAJARAN YANG KU DAPAT ADALAH, SESUNGGUHNYA MOTIVASI TERTINGGI SEHARUSNYA ADALAH KARENA ALLAH SWT, KARENA IA ADALAH ZAT YANG MAHA KEKAL.

Logikanya seperti ini: jika kita melakukan sesuatu, katakanlah suatu kepanitiaan karena motivasi selain Allah, misalnya karena ingin berkontribusi mengcreate acara. Saat ternyata kita tidak diterima di divisi acara, semangat kita mungkin saja turun atau bahkan hilang.

Intinya,
1. motivasi tertinggi harusnya dari sesuatu yang Kekal, yang Selalu ada dan tidak mungkin hilang.
2. kita boleh memiliki beberapa motivasi yang baik, tapi tetap di bawah motivasi karena Allah.

mungkin demikian saja cerita singkat yang mudah-mudahan dapat menjadi pelajaran berharga untuk saya dan anda yang membaca... amin...

2 comments:

muslimah_pencariAllah said...

assalamu'alaikum wr.wb..

bismillahirrahmanirrahim.alhamdulilah.allahummasholli'alasyaidnamuhammad.

aku disini mw comment ttg blog kamu (sblumnya,assalamu'alaikum)

sungguh,tak ada yg lebih indah dari kejujuran..saat aku membaca blog kamu aku benar2meringis,hatiku menjerit dan aku benar2 menangis..terserah apa namanya..cengeng,atau apa..tp itulah yg aku rasakan...)


sungguh..aku sgt stuju sx dg isi blogmu..

aku juga mw brbagi pengalaman..smoga berguna..

aku hanya seorang anak ce tunggal dlm kluarga..smua swdraku laki2..dulu aku pling dekat dg ayahku..sgt..stiap spertiga akhir malam,Q n ayah sll brlomba bgun pagi utk ke mesjid..dari pagi hingga pagi aku sll ingin brsm ayah..
1 yg tak pernah aku bs jelaskan pd smw org,mgp q sll berkeinginan mnjd seorg isteri..isteri shalihah,,
18 tahun (kurangi 3 tahun)..aku habiskan utk menggali ilmu..smw utk memenuhi cita2ku..salah 1 nya itu..

baru2 di SMA aku menyadari..ternyata kisah hidupku..kisah kluarga ku..dan AYAHku yg sll mengingatkan aku sejak kecil ttg hak2 yg hrus dpenuhi seorang isteri shaliha..
dlm htiku..aku merasa q sll berhasrat bgini krn Ayahku..ayahku motivasiku..bahkan saat aku bertemu dg b'citro,q mrasa takjub,kdg minder sgala macam..dy trll santun..alim..bg kluarga kami,dy patut dicontoh..
bertambah lagi,di SMA aku btemu dg byk org baik yg sll aku impikan utk btemu dgn mreka..yanti n laura..dia adalah awal dari perubahan hidup..perubahan?mgkn blum aku masih sempat oleng..

suatu saat,aku yg sring mengalami kpahitan hidup..menyadari bhw aku merasakan kekecewaan dg ayahku..sswtu yg tak aku sadari,,mgkn aku merasa ayahku adlh mnusia smpurna..hy krn sedikit kesalahan aku merasa tidak menemui ayahku lagi..
aku berubah..oleng..dan kadang tak jelas..terutama kelas 2 SMA..saat2 aku merasa mbutuhkan perhatian..aku hancurkan prestasiku..aku kecewakan smw org..
smpai suatu saat aku curhat pd bu nur(bliau blum pernah mengajarku,tp bliautetap guruku).beliau menenangkan aku yg cerita mengenai kekecewaanku..
aku sudah mencetak prestasi sjak TK..aku sudah belajar sjak umur 3 tahun..tp knp sprtinya biasa2 sj bg ibuku..knp dy tak pernah menyuruhku belajar..knp dy melarangku membaca..knp aku yg sll brusaha membahagiakan kluarga sll disalahkan jk aku lakukan sedikit kesalahn..aku ingin merasakan tak memegang juara..tp stelah aku mengalaminya skrg, aku menyesal..
ibu nur itu blg yg intiny bgini..
mereka sprt itu krn mereka percaya pd kmu..mreka spt itu krn ykin kalu kamu bisa dipercaya..tanpa harus disuruh2..dimotivasi..krn mereka tw motivasi itu ad pd dirimu sndiri..

suatu saat,aku yg sring mengalami kpahitan hidup..menyadari bhw aku merasakan kekecewaan dg ayahku..sswtu yg tak aku sadari,,mgkn aku merasa ayahku adlh mnusia smpurna..hy krn sedikit kesalahan aku merasa tidak menemui ayahku lagi..aku makin berubah..stahun itu..aku merasa bukan aku yg sbnrny..

singkatnya..akhirnya..stelah lulus SMA ini..kenyataannya,aku dapat meraih prestasi lg.keinginanku utk menikah swtu saat nnti dan mjd istri shalihah tdk pernah pudar bhkan bertambah..aku tetap mencintai calon suamiku siapapun dia wlupun msih gaib keberadaannya..entah aku akn bertmunya di dunia dan di akhirat ataukah hanya di akhirat..tp tak mungkin rasanya kalau aku menjaga rasa kesetiaanku kalau bukan karena Rahmat Allah...bahkan aku sekarang bertekad utk benar2 ingin membahagiakan org tuaku skrg..aku akan jadi anak yg bs mbhgiakan orgtua...aku akan jalani masa kuliahku dg tujuan ibadah jg..

aku sadar..motivasi yg aku dpt bkn dr ayahku..bukan dari orgtua dan kluargaku..bukan dari k'yanti n k'laura..bkn dr maria atw winda..bkn dr ROHIS..bkn dr nafsuku..bkn dr said atau fakhri..bkn dan bukan dari siapa2..

tp ..smwnya karena Cinta Allah kepada hambanya..termasuk kpd aku yg trll amat byk brbuat salah..knp aku blg cintaNya pada ku..karena aku ingat di dalam buku yg prnh aku baca:perkataan orang2 yang benar2 mencintai Allah,"kalau bukan karena CintaNya pada hambanya, tidak mungkin seorang hamba bisa beribadah padaNya,dll"..

saat aku menyadari ternyata..Allah selalu bersamaku..dimanapun..dan bagaimanapun byknya dosa2ku..dgn sgala kekuranganku..ternyata Dia sll mengingatkanku..Dia yang sll memberikan motivasi dalam jiwaku..dan nikmatnya iman yang tak mungkin bisa aku raih kalu bukan dg ijinnya..

sekarang,aku makin sadar,,kalau yg aku butuhkan adalah ALLah..

yang lain adalah perantara untuk menyambungkan cintaku kepadanya..

keinginan utk meringankan beban orgtua..keinginan utk mjd calon isteri shalihah..smwnya smga benar utk ibadah semata..

akhirnya..smoga Allah sll menunjuki aku baik saat imanku naik atau turun kepada jalan yang benar..

amin.
wass

prajuritillahi said...

subhanallah,, sungguh cerita dari muslimah_pencariallah sangat berkesan bagi saya, semoga bermanfaat bagi pembaca yang lain..

syukron.. semoga kita selalu dicintaiNya, sehingga selalu berada di jalan yang Benar...

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template